Widget HTML #1

Download RPP PAI Kelas 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka (Modul Ajar) Terdiferensiasi Lengkap

Download RPP PAI Kelas 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka (Modul Ajar)
Download RPP PAI Kelas 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka (Modul Ajar)

Bismillah. Hai Sobat Guru Penyemangat, sudahkah Sobat menyiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP+ alias modul ajar mapel PAI jenjang SD Kelas 2?

Nah, di era Kurikulum Merdeka, pembelajaran PAI di jenjang SD setidaknya sedikit berubah. Perubahan ini ialah perubahan menuju hal yang lebih baik karena pembelajaran haruslah berbasis kebutuhan siswa.

Dibandingkan dengan RPP, modul ajar PAI Kelas 2 SD lebih lengkap, komprehensif dan juga cukup tebal. Bukan tanpa alasan, di era Kurikulum Merdeka kita sebagai guru dituntut untuk bisa mengenal murid secara lebih mendalam baik dari segi kompetensinya, psikomotorik, hingga afeksinya.

Nah, berikut GuruPenyemangat.com sajikan RPP PAI Kelas 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka Lengkap dan terdiferensiasi format Word.

Mari disimak ya:

Komponen RPP Kurikulum Merdeka PAI Kelas 2 Semester 1 Lengkap Terdiferensiasi

Sobat Guru Penyemangat, pada dasarnya komponen utama RPP Kurikulum Merdeka bila dibandingkan dengan Kurikulum 2013 tidaklah jauh berbeda. Pada Kurikulum Merdeka, RPP dibuat lebih simpel namun juga lengkap, karena pembelajaran tidaklah terbatas pada aspek kognitif saja melainkan juga afeksi alias perubahan perilaku dan karakter.

Maka dari itulah di dalam RPP Kurikulum Merdeka ada nilai-nilai profil Pelajar Pancasila yang menjadi tujuan yang perlu dicapai.

Berikut komponen dari RPP alias modul ajar kurikulum merdeka khususnya mapel PAI Kelas 2 semester 1:

1. Identitas Modul Ajar

Pada bagian komponen identitas modul akan berisi penyusun RPP, nama instansi, tahun penyusunan, jenjang sekolah, mapel, mata pelajaran PAI, fase, bab/tema, materi pokok, hingga alokasi waktu.

2. Kompetensi Awal

Kompetensi awal ini mirip dengan kompetensi dasar yang tertera di kurtilas, jadi tidaklah jauh berbeda.

3. Profil Pelajar Pancasila

Pada komponen ini, akan ada nilai-nilai filosofis Pancasila yang perlu dimasukkan sesuai dengan tema pembelajaran PAI yang akan dilaksanakan.

Sebut saja seperti Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, Berakhlak Mulia, Mandiri, Bernalar Kritis, Kreatif, Gotong royong, hingga Berkebhinekaan Global.

4. Sarana dan Prasarana

Di dalam RPP PAI Kurikulum Merdeka Kelas 2, sarana dan prasarana menjadi penting karena akan menopang jalannya pembelajaran di kelas. Sebut saja seperti media, media apa yang digunakan. Apakah membutuhkan LCD Proyektor, atau bahkan bisa pembelajaran berbasis tadabbur alam

5. Target Peserta Didik

Nah, satu hal lain yang dianggap penting dalam RPP+ PAI Kurikulum Merdeka adalah target peserta didik, bahwa peserta didik seperti apa yang bakal diajar. Apakah masing-masing peserta didik sudah mulai menguasai kompetensi awal, atau tidak. 

Maka darinya perlu dilakukan asesmen diagnostik untuk memastikan tercapainya kompetensi awal dan langkah lebih lanjut yang bisa dilakukan oleh guru PAI SD Kelas 2.

6. Model Pembelajaran

Sobat ingin menggunakan model pembelajaran seperti apa di era Kurikulum Merdeka. Hal ini tergantung kepada kebutuhan peserta didik dan kondisi masing-masing ya. Sebagai komponen RPP PAI Kurikulum Merdeka, kita bisa menggunakan model pembelajaran tatap muka, daring, kontekstual, problem solving learning, project based learning, inquiry learning dan sebagainya.

7. Komponen Inti

Lalu, seperti apa komponen ini di modul ajar PAI SD Kurikulum Merdeka?

Nah pada bagian ini akan menjadi lebih fokus karena bakal berisi tentang tujuan kegiatan pembelajaran, pemahaman bermakna seperti apa yang akan didapatkan oleh peserta didik, pertanyaan pemantik apa yang akan diajukan sebagai salah satu bentuk asesmen diagnostik terdiferensiasi, hingga kegiatan pembelajarannya yang detail mulai dari pendahuluan, inti, hingga penutup.

8. Refleksi

Hal yang simpel namun barangkali sering dilupakan dalam pembelajaran, itulah yang namanya refleksi. Di era pembelajaran PAI SD berbasis Kurikulum Merdeka, refleksi menjadi penting supaya guru bisa mengukur tingkat keberhasilan pembelajaran dalam pertemuan tertentu.

Guru PAI Kelas 2 SD nantinya bisa bertanya mengenai perasaan setelah belajar PAI, apa hal baru yang didapat setelah belajar PAI, apa yang diharapkan dalam pembelajaran PAI pada pertemuan berikutnya, serta motivasi belajar seperti apa yang ingin terus ditumbuhkan.

9. Asesmen/Penilaian

Adapun komponen RPP Kurikulum Merdeka khususnya mapel PAI Kelas 2 SD semester 1 adalah asesmen alias penilaian.

Pada komponen asesmen, penilaian-penilaian yang dilakukan meliputi penilaian sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, hingga keterampilan yang bisa dilakukan dengan tekniknya masing-masing.

10. Kegiatan Remedial dan Pengayaan

Adapun yang juga tak boleh ketinggalan dalam menyusun RPP PAI Kurikulum Merdeka ialah menyiapkan simulasi kegiatan remidial dan pengayaan.

Hal ini menjadi penting supaya guru bisa melakukan kegiatan tindak lanjut terhadap materi yang telah diajarkan.

11. Lampiran

Apa saja yang perlu dilampirkan?

Guru PAI perlu melampirkan lembar kerja peserta didik (LKPD), materi pembelajaran, referensi, soal latihan, hingga media-media lain yang diperlukan untuk mendukung suksesnya pembelajaran PAI SD di era Kurikulum Merdeka.

Materi PAI Kelas 2 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka

Nah ada 5 bab yang akan dipelajari selama semester ganjil pada Kelas 2 mapel PAI Kurikulum Merdeka dengan rincian umum sebagai berikut:

Bab 1 Ayo Belajar Al-Qur’an

Dengan sub-bab sebagai berikut:

A. Membaca Surah an-Nas

B. Menghafal Surah an-Nas

C. Pesan Pokok Surah an-Nas

D. Huruf Hijaiah dan Makharijul huruf

Bab 2 Mari Mengenal Allah Swt.

Dengan sub-bab sebagai berikut:

A. Allah al-Hafiz

B. Allah al-Wali

C. Allah al-‘Alim

D. Allah al-Khabir

Bab 3 Ayo Berperilaku Terpuji

Dengan sub-bab sebagai berikut:

A. Sayang Kepada Sesama

B. Empati

C. Bertutur Kata yang Lembut

D. Jujur

Bab 4 Alhamdulillah, Aku Bisa Salat

Dengan sub-bab sebagai berikut:

A. Azan

B. Ikamah

C. Salat Fardu

Bab 5 Asyiknya Belajar Kisah Nabi Nuh a.s.

Dengan sub-bab sebagai berikut:

A. Siapakah Nabi Nuh a.s.?

B. Dakwah Nabi Nuh a.s.

C. Sikap Sabar dan Kerja Keras Nabi Nuh a.s.

D. Meneladan Kisah Nabi Nuh a.s.

Download RPP (Modul Ajar) Kurikulum Merdeka PAI Kelas 2 SD Semester 1 Lengkap (Word) Tinggal Edit

Sobat, Berikut GuruPenyemangat.com telah menyiapkan link unduhan yang berisikan dokumen Word RPP+ alias modul ajar PAI Kelas 2 semester 1 Kurikulum Merdeka yang lengkap.

Silakan klik tombol download pada setiap babnya:

RPP PAI SD Kelas 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka Bab 1

RPP PAI SD Kelas 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka Bab 2

RPP PAI SD Kelas 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka Bab 3

RPP PAI SD Kelas 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka Bab 4

RPP PAI SD Kelas 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka Bab 5

Cara download dokumen Word bisa simak pada video berikut:


***

Demikianlah secarik sajian GuruPenyemangat.com tentang tautan unduhan dokumen Word RPP+ atau modul ajar Kurikulum Merdeka mapel PAI Kelas 2 SD Semester 1 lengkap tinggal edit.

Semoga bermanfaat
Salam.

Posting Komentar untuk "Download RPP PAI Kelas 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka (Modul Ajar) Terdiferensiasi Lengkap"