Widget HTML #1

Download ATP dan CP PAI Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka Terbaru 2024/2025

ATP dan CP PAI Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka Terbaru
ATP dan CP PAI Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka Terbaru

Hai Sobat Guru Penyemangat sudah siap dengan ATP dan CP PAI Kurikulum Merdeka Tahun ini?

Dalam rangka menyambut Tahun Pelajaran 2024/2025, salah satu komponen administrasi pembelajaran yang perlu kita lengkapi sebagai guru PAI adalah ATP dan CP, khususnya pada jenjang SD Kelas 5 di era Kurikulum Merdeka.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PAI Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka memuat rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara runut, sistematis berbasis kebaruan dan masuk akal di dalam fase C pembelajaran (Fase C=Kelas 5 dan 6).

ATP dan CP bakal menjadi panduan bagi guru dan siswa untuk mencapai capaian pembelajaran di akhir suatu fase.

Nah berikut GuruPenyemangat.com sajikan ATP dan CP PAI Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka Terbaru tinggal download format .doc.

ATP PAI Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PAI Kelas 5 Kurikulum Merdeka Memuat 5 elemen penting Utama yang terdiri atas materi Akidah, Fikih, Al-Qur'an dan Hadis, Akhlak, serta Sejarah Peradaban Islam.

Masing-masing komponen dari elemen di atas nantinya berkisah tentang materi akidah seperti asmaul husna, rukun iman, kisah-kisah Nabi dan Rasul, materi belajar Al-Qur'an dan hadis-hadis pilihan, serta ilmu fikih seperti cara-cara bersuci, sholat, zakat, dan membersihkan diri.

Lebih detail lagi, ATP PAI Kelas 5 memuat Profil pelajar Pancasila di mana setiap menumbuhkan sikap pribadi yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia Pemahaman Agama /Kepercayaan Mengenal unsur-unsur utama agama/kepercayaan (ajaran, kitab suci, simbol-simbol, hari-hari dan hal-hal yang suci, sejarah agama, dan orang suci) dan menjadi pribadi yang mandiri dalam kehidupan sehari-hari di masa mendatang.

Berikut adalah contoh ATP PAI Kurikulum Merdeka Kelas 5 Fase C:

Elemen Akidah:

  • Meyakini adanya hari akhir dengan benar. 
  • Menumbuhkan sikap gotong-royong dan mawas diri sebagai bentuk keimanan kepada hari akhir dengan benar.
  • Menjelaskan makna iman kepada hari akhir dengan benar.

Elemen Fikih:

  • Meyakini ketentuan pelaksaan ibadah haji dan kurban dengan  benar 
  • Membiasakan perilaku terpuji rela berkurban sebagai bukti  mengimani ibadah haji dan kurban dengan benar 
  • Menjelaskan ketentuan pelaksanaan ibadah haji dan kurban  dengan benar 

Elemen Al-Qur’an dan Hadis:

  • Meyakini kebenaran pokok Al-Qur’an Surah Ali ‘Imran/3: 64 dan al-Baqarah/2: 256 dengan benar. 
  • Membaca Al-Qur’an Surah Ali ‘Imran/3: 64 dan alBaqarah/2: 256 dengan fasih. 

Elemen Akhlak:

  • Meyakini makna persaudaraan dalam Islam dengan benar 
  • Membiasakan berperilaku terpuji saling bersaudara sesuai  dengan Islam dengan benar 
  • Menjelaskan makna persaudaraan dalam Islam dengan  benar 

Elemen Sejarah Peradaban Islam:

  • Meyakini kisah perjuangan khulafaurrasyidin dalam  berdakwah dengan tepat. 
  • Membiasakan perilaku terpuji gemar menolong sebagai bukti  mengimani perjuangan khulafaurrasyidin dalam berdakwah dengan tepat. 

Cara/Panduan dalam Perumusan Alur Tujuan Pembelajaran:

ATP PAI Kelas 5 SD memuat aspek pembelajaran yang sangat urgensional dan mendasar, mulai dari aspek kompetensi, konten, hingga hasil pembelajaran sesuai dengan turunan dari CP.

Dalam rumusan tujuan pembelajaran dipakai kata kerja operasional yang bisa dicapai secara konkret sehingga mampu memfasilitasi para guru PAI dalam mengidentifikasi indikator atau kegiatan pembelajaran yang terkait dengan pemilihan materi ajar dan jenis evaluasi pembelajaran.

Prinsip Penyusunan ATP:

Simpel dan Informatif: Perumusan ATP harus mudah dipahami, tidak njelimet, dan tidak ambigu.

Fokus pada Esensi dan Kontekstual: ATP mempertimbangkan penyediaan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan murid, dan juga seirama dengan kehidupan nyata.

Berkesinambungan: ATP antar setiap fase dan antar tujuan pembelajaran saling terkait dan merupakan capaian secara runtut dan berjenjang.

Berikut adalah dokumen ATP PAI Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semester Ganjil dan Genap siap unduh.

Silakan klik tombol download di akhir artikel untuk mendapatkannya:

Capaian Pembelajaran (CP) PAI Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka Download

Sobat Guru Penyemangat, Capaian Pembelajaran (CP) PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka merupakan serangkaian kompetensi minimum yang harus dicapai oleh peserta didik untuk mata pelajaran PAI sesuai fasenya.

CP PAI dirancang dengan sumber utama Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi, serta Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) seperti Kurtilas dahulu dan di-include ke dalam Kurikulum Merdeka.

Berikut hal-hal yang perlu dipahami oleh guru PAI tentang CP PAI Kelas 5 SD:

Ada Pengurangan Konten:

Dalam Kurikulum Merdeka, terjadi pengurangan materi pelajaran atau pokok bahasan karena disesuaikan dengan kebutuhan pada setiap fasenya.

Berbasis Pembelajaran Konstruktif:

Tidak hanya sekadar kontekstual, CP PAI Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka pula mengutamakan kompetensi yang perlu dicapai tanpa harus terkungkung pada konteks dan konten pembelajaran.

Sekolah dan guru PAI diharapkan mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan konteks sekolah dan relevan dengan perkembangan, minat, serta budaya peserta didik.

Fleksibilitas Pembelajaran:

Fleksibilitas CP memberikan keleluasaan untuk pembelajaran yang kontekstual, sesuai bakat dan minat, serta seirama dengan pembelajaran daring maupun luring.

Misalnya, topik tentang nama-nama baik Allah Ar-Rahman dan Ar-Rahim dapat dipelajari dengan mengamati kegiatan masyarakat di sekitar sekolah, serta menjalin komunikasi langsung terhadap mereka.

Peningkatan Kualitas Capaian Pembelajaran:

CP PAI Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka memfokuskan pada pengembangan kompetensi murid dan kualitas pembelajaran sesuai dengan ATP yang diharapkan.

Berikut adalah CP PAI Kurikulum Merdeka Kelas 5 SD:

Capaian Umum PAI Kelas 5

Capaian Umum Pada akhir Fase C, pada elemen Al-Qur’an Hadis peserta didik mampu membaca, menghafal, menulis, dan memahami pesan pokok surah-surah pendek dan ayat Al-Qur’an tentang keragaman dengan baik dan benar. Pada elemen akidah, peserta didik dapat mengenal Allah melalui asmaulhusna, memahami keniscayaan peritiwa hari akhir, qadāʾ dan qadr. Pada elemen akhlak, peserta didik mengenal dialog antar agama dan kepercayaan dan menyadari peluang dan tantangan yang bisa muncul dari keragaman di Indonesia. Peserta didik memahami arti ideologi secara sederhana dan pandangan hidup dan memahami pentingnya menjaga kesatuan atas keberagaman. Peserta didik juga memahami pentingnya introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Peserta didik memahami pentingnya pendapat yang logis, menerima perbedaan pendapat, dan menemukan titik kesamaan (kalimah sawā’) untuk mewujudkan persatuan dan kerukunan. Peserta didik memahami peran manusia sebagai khalifah Allah di bumi untuk menebarkan kasih sayang dan tidak membuat kerusakan di muka bumi. Pada elemen fikih, peserta didik mampu memahami zakat, infak, sedekah dan hadiah, memahami ketentuan haji, halal dan haram serta mempraktikkan puasa sunnah. Pada elemen sejarah, peserta didik menghayati ibrah dari kisah Nabi Muhammad saw. di masa separuh akhir kerasulannya serta kisah al-khulafā al-rāsyidūn.

Capaian per Elemen

Al-Qur’an dan Hadis

Peserta didik mampu membaca, menghafal, menulis, dan memahami pesan pokok surah-surah pendek dan ayat Al-Qur’an tentang keragaman dengan baik dan benar.

Akidah

Peserta didik dapat mengenal Allah melalui asmaulhusna, memahami keniscayaan peritiwa hari akhir, qadāʾ dan qadr.

Akhlak

Peserta didik mengenal dialog antar agama dan kepercayaan dan menyadari peluang dan tantangan yang bisa muncul dari keragaman di Indonesia. Peserta didik memahami arti ideologi secara sederhana dan pandangan hidup dan memahami pentingnya menjaga kesatuan atas keberagaman. Peserta didik juga memahami pentingnya introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Peserta didik memahami pentingnya pendapat yang logis, menerima perbedaan pendapat, dan menemukan titik kesamaan (kalimah sawāʾ) untuk mewujudkan persatuan dan kerukunan. Peserta didik memahami peran manusia sebagai khalifah Allah di bumi untuk menebarkan kasih sayang dan tidak membuat kerusakan di muka bumi.

Fikih

Pada elemen fikih, peserta didik mampu memahami zakat, infak, sedekah dan hadiah, memahami ketentuan haji, halal dan haram serta mempraktikkan puasa sunnah.

Sejarah Peradaban Islam

Pada elemen sejarah, peserta didik menghayati ibrah dari kisah Nabi Muhammad saw. di masa separuh akhir kerasulannya serta kisah al-khulafā al-rāsyidūn.

Silakan klik tombol download berikut untuk mendapatkan dokumen ATP dan CP PAI Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka dengan format Word (.doc):

ATP dan CP PAI Kelas 5 Semester 1

ATP dan CP PAI Kelas 5 Semester 2

Cara download dokumen Word bisa simak pada video berikut:


***

Demikianlah sajian GuruPenyemangat.com tentang ATP dan CP PAI SD Kelas 5 Kurikulum Merdeka terbaru siap unduh.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca:

Download ATP dan CP PAI Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Terbaru 2024/2025

Posting Komentar untuk "Download ATP dan CP PAI Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka Terbaru 2024/2025"