Widget HTML #1

Download ATP dan CP PAI Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka Terbaru 2024/2025

ATP dan CP PAI Kelas 2 Kurikulum Merdeka
ATP dan CP PAI Kelas 2 Kurikulum Merdeka

Hai Sobat Guru Penyemangat!

Bismillah. Dalam menyambut Tahun Pelajaran 2024/2025, salah satu komponen pembelajaran yang perlu kita lengkapi sebagai guru PAI adalah ATP dan CP, khususnya pada jenjang SD kelas 2 Kurikulum Merdeka.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PAI Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka memuat rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara runut, sistematis dan masuk akal di dalam fase A akhir pembelajaran (Fase A=Kelas 2 dan 2).

ATP dan CP bakal menjadi panduan bagi guru dan siswa untuk mencapai capaian pembelajaran di akhir suatu fase.

Nah berikut GuruPenyemangat.com sajikan ATP dan CP PAI Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka Terbaru tinggal download.

ATP PAI Kelas 2 Kurikulum Merdeka

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PAI Kelas 2 Kurikulum Merdeka Memuat 5 elemen Utama yang terdiri atas materi Akidah, Fikih, Al-Qur'an dan Hadis, Akhlak, serta Sejarah Peradaban Islam.

Masing-masing komponen dari elemen di atas nantinya berkisah tentang materi akidah seperti asmaul husna, kisah-kisah Nabi, focus belajar Al-Qur'an dan hadis-hadis pilihan, serta ilmu fikih seperti cara-cara bersuci dan membersihkan diri.

Lebih detail lagi, ATP PAI kelas 2 memuat Profil pelajar Pancasila di mana setiap menumbuhkan sikap pribadi yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia Pemahaman Agama /Kepercayaan Mengenal unsur-unsur utama agama/kepercayaan (ajaran, kitab suci, simbol-simbol, hari-hari dan hal-hal yang suci, sejarah agama, dan orang suci) dan  menjadi pribadi yang mandiri dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah contoh ATP PAI Kurikulum Merdeka kelas 2 Akhir Fase A:

Elemen Akidah:

2.1 Peserta Menyebutkan Asmaul Husna al-Hafiz, al-Wali, al-‘Alim dan al-Khabir dan artinya, dapat membuat karya berupa kaligrafi al-Hafīz, al-Wali, al-‘Alim dan al-Khabīr beserta artinya secara berkelompok sehingga menumbuhkan sikap perilaku tawakkal, bersyukur, rajin belajar, dan rasa ingin tahu.

Elemen Fikih:

2.1 Peserta didik dapat mendemonstrasikan tata cara berwudhu secara tertib dan benar, membuat video tata cara berwudhu  secara tertib dan benar, sehingga sehingga tertanam perilaku tertib, disiplin, dan taat beribadah.

Elemen Al-Qur’an dan Hadis:

2.1  Peserta didik menjelaskan huruf hija'iyyah bersambung sesuai makharijul huruf,  melafalkan 2 surah pendek (An Nas dan Al Ashr), melafalkan huruf hijaiyah dan harakat secara lengkap, berani menunjukkan hafalan surah (An Nas dan Al Ashr) dengan lancar di depan guru, sehingga menumbuhkan kebiasaan untuk suka melafazkan ayat-ayat Al-Qur’an.

Elemen Akhlak:

2.1 Peserta didik Menjelaskan arti gaya hidup bersih, rapi, dan teratur dengan menggunakan bahasa sendiri, dapat membuat kreasi denah lingkungan rumah dan gaya hidup bersih, rapi, dan teratur, sehingga dapat menumbuhkan sikap gaya hidup bersih, rapi, dan teratur.

Elemen Sejarah Peradaban Islam:

2.1  Peserta didik Menceritakan kisah Nabi Muhammad Saw. pada masa kanak-kanak dengan menggunakan bahasa sendiri, dapat membuat family tree keluarga Nabi Muhammad Saw. secara berkelompok  sehingga dapat menumbuhkan sikap jujur, empati dan baik terhadap semua manusia sebagaimana meneladani Nabi  Muhammad Saw.

Cara/Panduan dalam Perumusan Alur Tujuan Pembelajaran:

ATP PAI Kelas 2 SD memuat aspek pembelajaran yang sangat urgensional dan mendasar, mulai dari aspek kompetensi, konten, hingga hasil pembelajaran.

Dalam rumusan tujuan pembelajaran dipakai kata kerja operasional yang bisa dicapai secara konkret sehingga mampu memfasilitasi pendidik dalam mengidentifikasi indikator atau kegiatan pembelajaran yang terkait dengan pemilihan materi ajar dan jenis evaluasi pembelajaran.

Prinsip Penyusunan ATP:

Simpel dan Informatif: Perumusan ATP harus mudah dipahami, tidak njelimet, dan tidak ambigu.

Fokus pada Esensi dan Kontekstual: ATP mempertimbangkan penyediaan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan murid, dan juga seirama dengan kehidupan nyata.

Berkesinambungan: ATP antar setiap fase dan antar tujuan pembelajaran saling terkait dan merupakan capaian secara runtut dan berjenjang.

Berikut adalah dokumen ATP PAI Kelas 2 Kurikulum Merdeka Semester Ganjil dan Genap siap unduh.

Silakan klik tombol download di akhir artikel untuk mendapatkannya:

Capaian Pembelajaran (CP) PAI Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka Download

Sobat Guru Penyemangat, Capaian Pembelajaran (CP) PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka merupakan serangkaian kompetensi minimum yang harus dicapai oleh peserta didik untuk mata pelajaran PAI sesuai fasenya.

CP PAI dirancang dengan sumber utama Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi, serta Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) seperti Kurtilas dahulu dan di-include ke dalam Kurikulum Merdeka.

Berikut hal-hal yang perlu dipahami oleh guru PAI tentang CP PAI Kelas 2 SD:

Ada Pengurangan Konten:

Dalam Kurikulum Merdeka, terjadi pengurangan materi pelajaran atau pokok bahasan karena disesuaikan dengan kebutuhan, fase A, dan kemampuan peserta didik kelas rendah.

Berbasis Pembelajaran Konstruktif:

Tidak hanya sekadar kontekstual, CP PAI Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka pula mengutamakan kompetensi yang perlu dicapai tanpa harus terkungkung pada konteks dan konten pembelajaran.

Sekolah dan guru PAI diharapkan mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan konteks sekolah dan relevan dengan perkembangan, minat, serta budaya peserta didik.

Fleksibilitas Pembelajaran:

Fleksibilitas CP memberikan keleluasaan untuk pembelajaran yang kontekstual, sesuai bakat dan minat, serta seirama dengan pembelajaran daring maupun luring.

Misalnya, topik tentang nama-nama baik Allah Ar-Rahman dan Ar-Rahim dapat dipelajari dengan mengamati kegiatan masyarakat di sekitar sekolah, serta menjalin komunikasi langsung terhadap mereka.

Peningkatan Kualitas Capaian Pembelajaran:

CP PAI Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka memfokuskan pada pengembangan kompetensi murid dan kualitas pembelajaran sesuai dengan ATP yang diharapkan.

Berikut adalah CP PAI Kurikulum Merdeka Kelas 2 SD:

Elemen Al-Qur’an dan Hadis:

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menekankan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan harakatnya, huruf hijaiyah bersambung, dan kemampuan membaca surah- surah pendek Al-Qur’an dengan baik.

Elemen Akidah:

Peserta didik mengenal rukun iman kepada Allah melalui nama-namanya yang agung (asmaul husna) dan mengenal para malaikat dan tugas yang diembannya.

Elemen Akhlak:

Peserta didik terbiasa mempraktikkan nilai-nilai baik dalam kehidupan sehari-hari dalam ungkapan-ungkapan positif baik untuk dirinya maupun sesama manusia, terutama orang tua dan guru. Peserta didik juga memahami pentingnya tradisi memberi dalam ajaran agama Islam. Mereka mulai mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya. Peserta didik juga terbiasa percaya diri mengungkapkan pendapat pribadinya dan belajar menghargai pendapat yang berbeda. Peserta didik juga terbiasa melaksanakan tugas kelompok serta memahami pentingnya mengenali kekurangan diri dan kelebihan temannya demi terwujudnya suasana saling mendukung satu sama lain. 

Elemen Fikih:

Peserta didik mampu mengenal rukun Islam dan kalimah syahadatain, menerapkan tata cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir dan berdoa setelah salat 

Elemen Sejarah Peradaban Islam:

Peserta didik mampu menceritakan secara sederhana kisah beberapa nabi yang wajib diimani.

Silakan klik tombol download berikut untuk mendapatkan dokumen CP dan ATP PAI Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka dengan format Word (.doc)

Cara download dokumen Word bisa simak pada video berikut:


***

Demikianlah sajian GuruPenyemangat.com tentang ATP dan CP PAI SD Kelas 2 Kurikulum Merdeka terbaru siap unduh.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca:

Download ATP dan CP PAI Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Terbaru 2024/2025

Posting Komentar untuk "Download ATP dan CP PAI Kelas 2 SD Kurikulum Merdeka Terbaru 2024/2025"