Widget HTML #1

Inilah Rekomendasi Kegiatan MPLS Kelas 1 SD yang Seru dan Menyenangkan

Ide Kegiatan MPLS Kelas 1 SD
Ide Kegiatan MPLS Kelas 1 SD

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudahkah Sobat menyiapkan kegiatan yang cocok untuk MPLS di jenjang SD kelas 1?

Seiring dengan mulai berlakunya kurikulum merdeka, kita di awal tahun ajaran baru tidak lagi langsung seketika belajar di kelas.

Soalnya kita perlu terlebih dahulu memahami kebutuhan peserta didik, kan?

Ada anak kelas 1 SD yang dulunya tidak melalui pendidikan PAUD, ada yang tidak melalui pendidikan TK, ada pula yang PAUD dan TK namun belum lancar membaca, bahkan ada pula peserta didik kelas 1 SD yang tanpa melalui TK namun sudah bisa membaca.

Hal tersebut adalah keragaman, bukan?

Tentu saja.

Maka darinya sekolah perlu menghadirkan kegiatan MPLS yang seru dan menyenangkan untuk anak kelas 1 SD. Berikut rekomendasinya:

Kegiatan MPLS Kelas 1 SD yang Menyenangkan

Sobat Guru Penyemangat, sebelum memilih kegiatan yang cocok dan seru, terlebih dahulu kita perlu fokus kepada fondasi pengembangan kompetensi anak SD yang merupakan transisi PAUD ke SD.

Apa saja yang perlu ditekankan?

Pertama yaitu mengenal nilai agama dan budi pekerti, kemudian keterampilan social dan bahasa, kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, keterampilan motorik dan perawatan diri, kematangan emosi, serta pemaknaan terhadap belajar yang positif.

fondasi pengembangan kompetensi anak SD yang merupakan transisi PAUD ke SD

Nah berdasarkan aspek fondasi di atas, berikut kegiatan rekomendasi yang bisa dicoba oleh rekan-rekan guru SD:

1. Berkeliling Naik Kereta Api

Sobat, kegiatan pertama ini ialah mengajak peserta didik baru kelas 1 SD untuk berkeliling naik kereta api.

Gunanya untuk apa? Ialah untuk mengenali lingkungan sekolah. Guru bisa mengajak anak untuk bernyanyi lagu kereta api, kemudian berhenti di setiap ruangan sekolah seperti ruang guru, kantor, perpustakaan, UKS, taman sekolah, kantin, WC, hingga lapangan upacara.

Supaya lebih seru lagi, sebaiknya sebelum mengajak peserta didik berkeliling, di setiap ruangan, tempat, atau kantor diberi tulisan dan gambar lucu mengenai tempat-tempat tersebut.

2. Game Tebak Warna Nama-nama Lingkungan Sekolah

Kegiatan MPLS yang kedua ini sejatinya bertautan saja dengan kegiatan yang pertama. Setelah tadi peserta didik diajak berkeliling, sekarang guru boleh mengenalkan tulisan/gambar ruang-ruang sekolah dengan cara diwarnai di sebuah kertas maupun karton.

Misalnya tulisan dan gambar perpustakaan sekolah warnanya merah, tulisan dan gambar ruang guru warnanya kuning, tulisan UKS warnanya biru, dan sebagainya.

Sembari duduk santai dan ice breaking, guru boleh mengajak peserta didik untuk bermain tebak-tebakan warna nama-nama sarana dan prasarana sekolah.

3. Game Bernyanyi dengan Lirik Nama-nama Murid Baru

Nah, kegiatan yang ketiga ini tentu tidak kalah seru. Bagi guru yang ditugaskan untuk mendampingi MPLS di SD kelas 1, kita bisa mengadakan kegiatan seru dan menyenangkan yang bisa menjadikan para peserta didik baru menjadi lebih akrab.

Game ini menggunakan lirik lagu “Kalau Kau Suka Hati”. Jadi, di sini Sobat sebelum bernyanyi sebaiknya menyampaikan intruksi terlebih dahulu supaya siapa anak yang disebut namanya agar mau berdiri.

Lirik lagunya misalnya seperti ini:

Kalau kau suka hati panggil “Alan”: Alan....

Kalau kau suka hati panggil “Dika”: Dika....

Kalau kau suka hati ya memangnya begitu, kalau kau suka hati panggil “Che-Che”.

Kira-kira liriknya seperti itu ya Sobat. Silakan dimodifikasi sendiri.

4. Game Mencari Harta Karun

Sobat ingin mengadakan kegiatan MPLS yang lebih seru lagi untuk anak kelas 1 SD? Nah, salah satu yang bisa kita coba ialah mengadakan permainan mencari harta karun.

Nantinya ini para peserta didik baru diberikan peta harta karun dan diminta untuk bekerja dalam kelompok. Kira-kira sekitar 2-3 orang dalam satu tim.

Apa harta karun yang dicari? Nah harta karun yang dicari misalnya tulisan nama panggilan guru dalam sebuah amplop. Di dalam amplopnya boleh ditaruh beberapa permen, supaya lebih seru.

Namun sebelum itu, Sobat perlu terlebih dahulu mengenalkan kepada peserta didik baru mengenai sarana dan prasarana lingkungan sekolah seperti di mana keberadaan perpustakaan, ruang guru, WC, UKS dan lain sebagainya. Hal ini supaya kita bisa menyelipkan harta karun di tempat-tempat tersebut.

O ya, karena jenjangnya masihlah anak kelas 1 SD, peta harta karun yang dibuat haruslah sesederhana mungkin dan sesimpel mungkin.

Misalnya di peta tersebut ada gambar/foto perpustakaan dan letak harta karunnya di samping pintu. Atau di peta tersebut ada ilustrasi UKS dan ketika ingin mengambil harta karun di UKS ada password-nya yaitu nama pembina UKS.

5. Lempar Tangkap Bola

Masih ingin mencari rekomendasi kegiatan MPLS kelas 1 SD yang seru lainnya? Tentu saja, Sobat bisa menggelar game lempar tangkap bola.

Game ini bisa dilakukan ketika masing-masing peserta didik sudah saling mengenal nama panggilan. Jadi lemparan ini ditujukan kepada temannya yang namanya disebut oleh guru.

Misalnya, lemparkan kepada Alan! Maka si Alan wajib menangkap bola. Nantinya disepakati terlebih dahulu konsekuensi apa yang bakal diterima oleh si anak yang tidak bisa menangkap bola.

Dari sini, Sobat akan melatih kemampuan motorik peserta didik sekaligus menjalin pertemanan dan perkenalan yang lebih akrab lagi.

6. Bermain Game Estafet “Memindahkan Benda” Sembari Ucap Kata Tolong, Maaf, dan Terima Kasih

Game memang seru, tapi jangan lupa karakternya juga kita bangun. Salah satu game yang bisa kita lakukan dalam rangka membangun karakter dan etika anak kelas 1 SD ialah bermain game estafet dengan memindahkan benda.

Jadi misalnya benda yang dipindahkan adalah bola voli. Maka setiap memindahkan bola ucapkan tolong pegang ini, kemudian si penerima mengucapkan terima kasih. Jikalau bola tersebut jatuh, maka ucapkanlah maaf.

Supaya lebih seru lagi, maka diajari pula anak-anak tadi untuk melakukan tepuk semangat, tepuk yes, serta yel-yel sederhana lainnya.

Dengan terbiasa melatih ucapkan maaf, tolong, dan terima kasih diharapkan anak-anak baru menjadi pribadi yang lebih santun, beretika, dan berkarakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Oke demikianlah kiranya sajian GuruPenyemangat.com mengenai rekomendasi ide kegiatan MPLS untuk anak kelas 1 SD yang seru dan menyenangkan.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca:

Posting Komentar untuk "Inilah Rekomendasi Kegiatan MPLS Kelas 1 SD yang Seru dan Menyenangkan"