Widget HTML #1

Ruang Kolaborasi Modul 2.2 - Pembelajaran Sosial dan Emosional

Ruang Kolaborasi Modul 2.2 - Pembelajaran Sosial dan Emosional

Ruang Kolaborasi Modul 2.2 - Pembelajaran Sosial dan Emosional
Ruang Kolaborasi Modul 2.2 - Pembelajaran Sosial dan Emosional

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

Mendemonstrasikan pemahaman tentang implementasi 5 kompetensi sosial dan emosional di kelas dan sekolah.

Bapak/Ibu CGP, Anda sudah mempelajari implementasi pembelajaran 5 KSE di kelas dan sekolah. Saatnya berkolaborasi dengan rekan CGP untuk mendiskusikan ide-ide penerapan pembelajaran 5 KSE bagi murid dan rekan-rekan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di sekolah Anda.

Silahkan diskusikan dengan kelompok Anda dalam pertemuan di Ruang Kolaborasi yang pertama. Hasil kolaborasi tersebut akan dipresentasikan di pertemuan kedua.

Pertanyaan pemantik untuk pembelajaran ruang kolaborasi:

Apakah kekuatan Anda dalam bekerja sama dengan orang lain? Bagaimana Anda mengelola kekuatan tersebut untuk dapat bersinergi dengan CGP lain?

Apakah kemampuan kerja sama yang ingin Anda tingkatkan dalam diri Anda?

Apakah ide pembelajaran 5 KSE  yang dapat Anda terapkan di kelas dan sekolah Anda?

Setelah Anda mempelajari 5 Kompetensi Sosial-Emosional (KSE), sekarang saatnya Anda berkolaborasi untuk menguraikan implementasi/penerapan pembelajaran 5 kompetensi sosial-emosional untuk murid sesuai dengan kelompok jenjang  pendidikan masing-masing yang sudah pernah Anda terapkan (Kelompok A = Paud – SD Kelas 2; B = SD Kelas 3 – 6; C = SMP Kelas 7 - 9, D = SMA Kelas 10 - 12).

Jika sebelumnya Anda bekerja sendiri, kali ini Anda akan bekerja dalam kelompok bersama guru-guru dari kelompok jenjang pendidikan yang sama. Ini saatnya Anda memperdalam pemahaman Anda melalui aktivitas yang memungkinkan Anda saling berbagai ide, mendengarkan ide rekan CGP lain, bertanya, mengklarifikasi pemahaman ataupun miskonsepsi yang mungkin masih Anda miliki. Selanjutnya, Anda akan mempresentasikan hasil kolaborasi dalam kelompok tersebut dalam kelompok besar untuk saling belajar, berbagi, dan menguatkan .

Tugas 3.1:

Diskusikan dan susunlah 5 ide penerapan 5 KSE sesuai dengan karakteristik jenjang pendidikan yang Anda ampu dan tuliskan dalam tabel 3.1. Anda dapat menggunakan prinsip ATM (amati - tiru dan modifikasi) dari  berbagai ide yang sudah Anda pelajari dalam modul maupun sumber lainnya sebagai referensi.

Susunlah 2 (dua) ide penguatan pembelajaran 5  KSE untuk PTK










RUANG KOLABORASI MODUL 2.2 KELOMPOK SD by Ozy Alandika

Berikut dokumen Ruang Kolaborasi Modul 2.2 - Pembelajaran Sosial dan Emosional PDF:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Ruang Kolaborasi Modul 2.2 - Pembelajaran Sosial dan Emosional"