Widget HTML #1

Begini Cara Membuat Twibbon HUT RI ke-78 17 Agustus 2023, Langsung Upload ke Twibbonize

Begini Cara Membuat Twibbon HUT RI 17 Agustus 2023, Langsung Upload ke Twibbonize
Begini Cara Membuat Twibbon HUT RI 17 Agustus 2023, Langsung Upload ke Twibbonize. Designed by GuruPenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, selamat menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 ya?

Nah, pada tahun 2023 ini tidak terasa umur Bumi Pertiwi sudah memasuki angka 78 tahun. Sungguh angka yang tua ya Sobat, tapi semoga tidak dengan semangat kita.

Semangat kita para generasi bangsa dan para pengabdi di negeri ini harus selalu muda, supaya Indonesia bisa terus melaju, terus maju untuk masa depan yang lebih baik.

Seperti tema besar HUT RI 17 Agustus 2023, yaitu "Terus Melaju Menuju Indonesia Maju". Di sebalik tema tersebut, ada harapan agar kita semua saling bekerja sama, berkolaborasi, saling dukung, dan sama-sama berjuang untuk memajukan negeri ini.

Apakah semangat tetap perlu? Tentu saja, dan salah satu dari wujud semangat menyambut Kemerdekaan Indonesia ialah dengan meramaikan media sosial menggunakan Twibbon HUT RI.

Nah, berikut GuruPenyemangat.com sajikan cara membuat twibbon HUT RI dan langsung upload ke Twibbonize untuk meramaikan 17-san.

Mari disimak ya:

Langkah-langkah Membuat Twibbon HUT RI di Canva dengan Mudah

Mari simak sajian GuruPenyemangat.com dalam membuat twibbon kemerdekaan RI 17 Agustus 2023 ya Sobat, kita menggunakan situs/platform Canva.

1. Buka Canva.com

Langkah pertama, silakan Sobat aktifkan data internet, lalu akses Canva.com menggunakan laptop atau komputer. Jika menggunakan smartphone, Sobat bisa membuka aplikasi Canva yang sebelumnya sudah diunduh dan diinstal melalui Google PlayStore.

2. Pilih Ukuran Khusus

Ketika sudah tampil dashboard atau laman Canva bagian depan, Sobat langsung saja masukkan ukuran khusus persegi, yaitu 1000 x 1000 piksel seperti gambar berikut:

Ukuran Khusus untuk Membuat Twibbon HUT RI
Ukuran Khusus untuk Membuat Twibbon HUT RI. Screenshot by GuruPenyemangat.com

Setelah selesai memasukkan rasio ukuran, silakan klik "buat desain baru".

3. Pilih Template Twibbon Bertema HUT RI

Lanjut ke step selanjutnya, silakan Sobat manfaatkan fitur Canva yang ada di sebelah kiri layar, yaitu fitur desain. Pada fitur ini, silakan Sobat masukkan kata kunci bertema kemerdekaan seperti "HUT RI", "Kemerdekaan", "Twibbon", atau semisalnya sehingga bisa mendapat rekomendasi desain twibbon yang cocok, seperti gambar berikut:

Manfaatkan Fitur Desain Canva untuk Memilih Template Twibbon HUT RI
Manfaatkan Fitur Desain Canva untuk Memilih Template Twibbon HUT RI. Screenshot by GuruPenyemangat.com

4. Memulai Desain Twibbon Sesuai Kebutuhan

Jikalau template sudah dipilih, sekarang saatnya Sobat mengeksplor diri untuk mendesain twibbon kemerdekaan sesuai dengan kebutuhan.

Silakan manfaatkan fitur unggahan untuk mengupload logo instansi atau sekolah, masukkan foto, gunakan bingkai, serta manfaatkan pula elemen-elemen dengan menggunakan kata kunci bertema kemerdekaan.

O ya, perlu diketahui bahwa jika Sobat menggunakan akun Canva gratis, maka pilihlah gambar, elemen, atau logo yang ada tulisan gratis atau yang tidak ada logo pro-nya. Hal ini supaya Sobat tetap bisa mengunduh desain twibbon tanpa harus membayar.

Boleh Baca: Contoh Banner HUT RI 17 Agustus 2023 Tinggal Edit

5. Download Twibbon HUT RI dalam Format PNG

Jikalau desain sudah selesai, silakan Sobat Download Twibbon HUT RI dalam format PNG. Caranya yaitu klik tombol bagikan, lalu pilih opsi unduh, pilih pula opsi format PNG lalu klik unduh. Tunggu beberapa saat hingga proses download selesai.

Menghapus Latar Belakang Twibbon Secara Gratis dan Cepat

Langkah selanjutnya yaitu Sobat perlu menghapus latar belakang twibbon untuk dijadikan tempat foto saat kita menggunakan twibbon. Caranya ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Situs Remove.bg

Pada kolom pencarian Google, silakan masukkan kata kunci remove background, lalu bukalah situs Remove.bg.

2. Upload Twibbon

Setelah laman Remove.bg terbuka, silakan klik tombol upload image dan unggahlah desain twibbon HUT RI dengan format PNG yang sebelumnya sudah diunduh dari Canva.

3. Sesuaikan atau Edit Background Twibbon

Setelah gambar diunggah, fitur AI akan menghapus latar belakang twibbon kemerdekaan secara otomatis. Silakan Sobat periksa gambar kotak-kotak seperti papan catur, jika sudah sesuai maka langsung download. Namun jika kurang sesuai maka klik edit pada pojok kanan gambar untuk me-restore background, seperti gambar berikut:

Fitur Edit untuk Me-restore Background yang terhapus otomatis
Fitur Edit untuk Me-restore Background yang terhapus otomatis. Screenshot by GuruPenyemangat.com

4. Download Twibbon yang Sudah Dihapus Latar Belakangnya

Jika proses penghapusan latar belakang sudah selesai dan sesuai, silakan Sobat download desain twibbon untuk nanti kita unggah ke situs Twibbonize.

Boleh Baca: Contoh Poster Kemerdekaan Indonesia Tinggal Edit!

Cara Mengunggah Desain Twibbon ke Situs Twibbonize, Langsung Share Link

Desain twibbon sudah didapat, dan sekaranglah saatnya kita menggunggah ke situs Twibbonize. Mari ikuti langkah-langkah berikut perlahan-lahan ya:

1. Buka situs Twibbonize.com

Langkah pertama, silakan masuk ke laman Twibbonize.com. Jika Sobat sudah punya akun, silakan klik log in, dan pilih log in melalui akun google. Jika belum punya, Sobat pilih opsi sign up lalu daftar saja menggunakan email.

2. Buat Kampanye Baru

Langkah selanjutnya, Sobat klik fitur New Campaign alias kampanye baru untuk membuat twibbon, seperti gambar berikut:

Membuat Kampanye Baru di Twibbonize
Membuat Kampanye Baru di Twibbonize. Screenshot by GuruPenyemangat.com

Setelah diklik tombol New Campaign, maka tampilannya akan seperti ini:

Silakan Sobat lengkapi kolom demi kolom sesuai dengan kebutuhan Sobat, setelah itu klik continue. O ya, jika ada tampilan yang meminta Sobat untuk Upgrade, maka pilih saja opsi No, Thank You, supaya kita bisa membuat twibbon dengan gratis.

3. Upload Gambar Twibbon

Setelah Sobat menemukan tampilan seperti di atas, silakan Sobat edit twibbon, kemudian sobat Add Module, yaitu mengunggah desain twibbon. Tunggulah beberapa saat, jika proses upload selesai, maka Sobat bisa mendapatkan link twibbon untuk digunakan oleh orang lain.

***

Boleh Baca: Kumpulan Quotes Kemerdekaan Indonesia, Mari Terus Melaju Menuju Indonesia Maju!

Demikianlah seutas sajian Guru Penyemangat tentang cara membuat twibbon bertema Kemerdekaan dalam rangka menyambut HUT RI ke 78, 17 Agustus 2023. Untuk lebih detailnya, simak pula tutorial video yang sudah saya buat berikut:

Semoga bermanfaat.
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Membuat Twibbon HUT RI ke-78 17 Agustus 2023, Langsung Upload ke Twibbonize"